The Real Teaching of Smadah

Gresik – Salah satu keberhasilan pembelajaran di Smadah Bungah adalah melalui strategi pembelajaran nyata (real teaching). Siswa diberikan pengalaman belajar secara nyata/benar² terjadi dan dipraktikkan dalam dunia nyata, baik medianya dan prosesnya adalah “real”. Salah satunya dalam materi pembelajaran pendidikan agama Islam.

Saat itu, siswa diberikan pemahaman tentang materi bagaimana cara shalat di kendaraan, cara menentukan hilal, proses cara menyembelih hewan, dan cara merawat jenazah.

Disini..para guru pembimbing benar² mendatangkan kendaraan bus mini sebagai sarana belajar nyata siswa, lalu menyediakan ayam yang benar² masih hidup untuk disembelih, lalu juga mengajak siswa ke tempat hilal di Bukit Candradipo Giri (tempat penentuan hilal yang ditunjuk resmi Kemenag). Sedangkan, untuk pembelajaran cara merawat jenazah ada pengecualian, yakni diganti dengan boneka. Namun demikian, apabila ada masyarakat di sekitar lembaga/pesantren yang wafat maka tidak jarang siswa juga diajak langsung untuk menshalatkan jenazah serta mengirim doa tahlil.

Inilah salah satu bagian dari pembelajaran “real teaching of Smadah” 👍 Tentu saja strategi pembelajaran serupa juga telah dilakukan pada mapel² lainnya oleh para guru di Smadah. —

@Admin (EJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published.